Form Rekap Amalan Harian

rekap-amalan-harian

 

Bagi yang ingin langsung download Form Rekap Amalan Harian, bisa klik ini:

amalan-harian_november2016

 

Bagi yang mau tau behind the scene-nya, begini ceritanya 🙂

Belakangan saya berpikir tentang pentingnya evaluasi dan perencanaan. Mudahnya, perencanaan itu mestinya dibuat berdasarkan asumsi dan analisis. Dan yang dianalisis itu data. Pemikiran ini membuat saya berpikir bahwa… emm, agak malu juga bilangnya, tapi gimana ya… kok sepertinya hidup saya berjalan tanpa perencanaan yang baik. Parahnya, juga tanpa evaluasi (sama sekali!).

 

Padahal, jauh hari Sang Nabi sudah berbicara tentang ciri orang yang celaka, merugi, dan beruntung. Orang yang amalannya lebih buruk dari kemarin, maka ia celaka. Kalau sama seperti kemarin, maka merugi. Gimana supaya beruntung? Harus lebih baik dari kemarin. Berarti ada data pembanding, kan? Keadaan saat ini dibandingkan dengan masa lampau.

 

Masalahnya, saya gak punya data. Ketiadaan data ini ternyata menjebak. Kita bisa MERASA rajin, padahal… memang! hehe. Sukur atuh ya kalau begitu. Timbul masalah jika yang terjadi adalah sebaliknya, kita merasa rajin padahal malas. ?

 

Sering tahajud? Ya, kadang-kadang.

Nah, kadang-kadang itu kapan? Pekan ini? Atau jangan-jangan itu ingatan pekan lalu? Atau malah dua pekan lalu? Kadang-kadang itu berapa banyak?

 

form-10-hari-pertama

 

Pertanyaan semacam itu tentu tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang sudah konsisten mendirikan salat malam. Mereka tinggal jawab, “Rajin.” Ya, iyalah, memang tiap malam gitu loh. Gak susah mengingatnya. Lha, kalau pertanyan itu ditujukan ke saya yang masih tahap latihan, ujung-ujungnya jawabannya adalah “kadang-kadang” yang kurang jelas juga mengacu ke data yang kapan ??

 

Untuk itulah, saya pikir, perlu juga membuat file untuk merekap ibadah harian. Supaya bisa merencanakan sesuatu yang lebih baik berdasarkan data yang sudah lewat. Pada file ini, sebulan saya bagi menjadi tiga termin: 10 hari pertama, kedua, dan ketiga (lihat tab). Cieee, kayak Ramadan ya hehe. Per 10 hari bisa ganti target.

 

rekap-keseluruhan

 

Mungkin ada teman-teman yang butuh juga, file-nya saya share di sini ya. Silakan digunakan sesukanya >>  amalan-harian_november2016

 

File ini saya buat menggunakan Excel.  Alasannya, mudah digunakan dan bisa dibuka di handphone (menggunakan aplikasi office). Saya sudah melihat beberapa aplikasi mobile di GooglePlay, tapi ternyata belum ada yang sesuai dengan kebutuhan saya. Maka saya bikin form ini. Awalnya sih mau bikin aplikasi mobile. Tadinya saya MERASA bisa, padahal… enggak! Ini akibat gak pernah mengevaluasi kemampuan membuat aplikasi android ??



 

 

 

Leave a Reply