Mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat dan Ber-Asik-Asik Jos!

 

Rombongan Netizen Gathering disambut oleh abdi dalem keraton
Rombongan Netizen Gathering disambut oleh abdi dalem keraton

Sabtu, 21 November 2015, siang, rombongan Netizen Gathering MPR RI mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat. Karena dianggap sebagai tamu kehormatan, kami dipersilakan memasuki keraton lewat gerbang utama. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744. Keraton ini sebenarnya merupakan pengganti Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat peristiwa Geger Pecinan pada 1743.

Relief di Keraton Surakarta Hadiningrat
Relief di Keraton Surakarta Hadiningrat

Hingga sekarang, keraton ini masih digunakan sebagai tempat tinggal raja dan abdi dalem kerajaan. Selain itu, kompleks keraton ini menyimpan banyak benda bersejarah, seperti replika senjata pusaka keraton, lukisan, patung, gamelan, dan kereta kuda pemberian raja-raja Eropa. Bentuk asli bangunan keraton juga masih dipertahankan, sehingga pengunjung bisa mengamati arsitektur tradisional istana Jawa.

Kereta kuda di Keraton Surakarta Hadiningrat
Kereta kuda di Keraton Surakarta Hadiningrat

Asik-Asik Jos!

Kabiro Humas MPR RI Ma'ruf Cahyono menyumbangkan suara emasnya
Kabiro Humas MPR RI Ma’ruf Cahyono menyumbangkan suara emasnya

Tidak salah jika banyak orang bilang “Dangdut is music of my country.” Nyatanya memang begitu. Usai makan malam, kami sempat menghibur diri dengan bernyanyi dan bergoyang. Soal suara jangan ditanya. Sudah tentu kacau hehe. Tapi, yang penting happy. Bisa jadi juga ini merupakan usaha membakar kalori usai makan malam hehe.

Sebenarnya lagunya tidak melulu dangdut. Di awal-awal, kami nikmati alunan lagu jawa. Mungkin masih pemanasan kali ya hehe. Setelah itu, baru terdengar lagu-lagu kenangan dan  masa kini. Daaan, suasana menjadi pecah ketika lagunya beralih ke dangdut. Tariiik, maaang!

Tarik Maaang! Asik-asik, jos!
Tarik Maaang! Asik-asik, jos!

Tidak tanggung-tanggung, Kepala Biro Humas MPR Ma’ruf Cahyono dkk juga ikut bergoyang. Netizen juga ikut bergoyang. Ada yang spontan ikut goyang (yang ini bakat alami kali, ya? 🙂 ), ada juga yang mesti ditarik-tarik dulu. Nah, saya termasuk yang ditarik-tarik dulu untuk mulai bergoyang (lalu susah berhenti karena sebenarnya juga punya bakat terpendam? :p)

Netizen Gathering MPR RI? Asik-asik jos!

Baca juga:
http://dedisetiawan.com/netizen-gathering-mpr-ri-tanda-seksinya-kaum-blogger/
http://dedisetiawan.com/mpr-ri-bukan-lembaga-tertinggi-negara/
http://dedisetiawan.com/netizen-gathering-mpr-ri-diskusi-usulan-dan-apresiasi/

5 Comments

Leave a Reply