Silaturahim dalam Keberagaman

 

Senang bisa berkesempatan ikutan “Gathering Netizen MPR dan BloggerBdg” pada Senin (11/12/2017) di Hotel Aston Tropicana, Bandung. Acara ini menjadi ajang berkumpulnya kawan-kawan MPR dan dan blogger di bandung dan sekitarnya. Tujuan besarnya singkat, yaitu SILATURAHIM! hehe.

 

Di acara ini saya bisa ketemu blogger Bandung yang sudah lama tidak bertemu –ya, iya, saya-nya jarang ikutan acara haha. Bisa ketemu dengan alumni Gathering Netizen MPR di Solo. Dan bisa dengar sharing dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

 

Pak Zulkifli juga terlihat santai. Saat memberi sambutan, dia berbagi cerita tentang pengalamannya bergaul dan berkomunikasi dengan banyak elemen masyarakat. “Saya bersilaturahim dengan banyak orang, dengan NU, Muhammadiyah, dengan ormas-ormas lainnya, dengan saudara-saudara dari Kristen, Budha, Hindu, dan banyak lagi,” katanya.

 

Kalau dipikir-pikir, semangat silaturahim seperti itu memang harus dihidupkan. Dalam kehidupan bangsa yang bhinneka seperti Indonesia, silaturahim menjadi salah satu kunci lahirnya persatuan. Melalui silaturahim, bangsa yang bhinneka ini menjadi tunggal ika.

 

Ke depannya, sih, saya berharap acara seperti ini bisa terus dilakukan oleh kawan-kawan di MPR. Kalau bisa, acara gathering netizen nasional diadakan di Indonesia timur. Kenapa? Supaya aura bhinneka-nya kian terasa! <3

 

*Foto by Parmadi Budiprasetyo

Leave a Reply